Skenario
Pembelajaran Dalam Kelas
Oleh
: Winda Rahmawati (16410012)
Kelas
: 4A PBSI
Dalam skenario pembelajaran dalam kelas ini saya akan menyampaikan materi
pelajaran tentang puisi yang akan saya sampaikan pada siswa tingkat satuan
pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Kelas VIII Semester 2 dengan alokasi waktu
2 x 40 menit.
Yang
akan saya lakukan apabila nanti saya menjadi seorang guru adalah saya akan
mempersiapkan skenario pembelajaran jauh-jauh hari sebelum saya mulai
menerapkannya dalam kelas. Saya akan memilih dan menentukan metode,teknik, dan
model pembelajaran yang akan saya terapkan di dalam kelas.
Malam hari, sebelum saya mengajar
dan menarapkan skenario pembelajaran di dalam kelas, saya akan mempelajari
materi pelajaran yang akan saya sampaikan agar saya bisa menguasai materi yang
saya sampaikan nantinya.
Keesokan harinya, saya akan mulai
langkah saya dengan membaca bismillah ketika hendak menuju tempat saya mengajar
agar segala yang saya kerjakandapat menjadi berkah dan diridai Allah SWT.
Ketika mulai masuk ke dalam kelas, saya akan tersenyum di hadapan anak-anak didik saya dan mengucapkan salam
kepada mereka. Saya harap dengan tersenyum dapat member energy positif bagi
anak-anak didik saya ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Tahap selanjutnya adalah berdoa
untuk mengawali kegiatan belajar mengajar, saya akan meminta ketua kelas untuk
memimpin doa. Kemudian saya akan menanyakan kabar anak-anak didik saya dan
berlanjut untuk mempresensi kehadiran mereka. Setelah itu, saya akan menanyakan
kejadian-kejadian yang sedan marak dibicarakan selama satu minggu terakhir dan mengulas
sedikit tentang materi pelajaran yang sampaikan minggu lalu sebelum saya menyampaikan
materi yang akan saya sampaikan hari ini sebagai bentuk apersepsi.
Selanjutnya, saya akan menyampaiakan
materi yang akan mereka pelajari dan menyampaikan tujuan dari pembelajaran hari
ini. Setelah itu, saya akan putarkan sebuah video pembacaan puisi dan meminta
mereka untuk mengamati dan menyimak dengan seksama, setelah video diputar saya
akan menanyakan kepada mereka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan video yang
saya putarkan baru saja, misalnya saja dengan menanyakan apa yang baru saja
disimak atau diputar dari video tersebut, apa tema dari puisi yang dibacakan
dalam video tersebut, apa saja unsure-unsur pembangun puisi, dan lain
sebagainya. Setelah saya tanyakan hal-hal tersebut, maka siswa akan mencari tahu
dan menjawab pertanyaan saya. Kemudian saya akan memberi kesempatan bagi siswa
saya untuk menuliskan jawaban mereka di papan tulis. Tahap selanjutnya adalah
dari apa yang telah mereka jawab, saya akan mengoreksi dan member penjelasan.
Kemudian, saya akan member penugasan bagi siswa-siswa saya untuk membuat sebuah
puisi.
Dalam penugasan yang saya berikan,
saya akan meminta siswa-siswa saja untuk melakukan kegiatan pembelajaran di
luar kelas. Saya pun bersama siswa-siswa saya menuju halaman ataupun taman sekolah.
Saya mengarahkan siswa-siswa saya untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya
dan menjadikan hasil pengamatan mereka menjadi sebuah puisi. Dalam kegiatan
pembelajaran, saya akan mengamati dan menilai proses yang mereka kerjakan mulai
dari sikap hingga hasil akhirnya. Dalam proses penugasan tersebut, tentunya
saya akan mendampingi siswa-siswa saya agar tidak tercipta suasana gaduh,
selain itu saya juga akan menanyakan dan membantu kesulitan yang mereka alami
selama penugasan. Di akhir penugasan, saya akan meminta siswa-siswa saya untuk
saling menukarkan hasil karyanya, Kemudian saya akan meminta beberapa di antara
mereka untuk membacakan puisis tersebut. Karena saya tahu bila saya meminta
siswa saya membacakan puisi karya mereka sendiri, mereka tidak akan percaya
diri dan tidak akan ada yang berani membacakan. Untuk itu, saya minta mereka
untuk bertukar.
Setelah itu, sampailah pada akhir
kegiatan, di akhir kegiatan belajar mengajar, saya akan kembali menanyakan
kesulitan yang mereka alami ketika penugasan dan hal-hal apa saja yang belum
mereka pahami terkait dengan materi hari ini. Setelah itu, saya bersama
siswa-siswa saya akan mengulas kembali materi yang tadi telah saya sampaikan
sebagai bentuk refleksi hasil belajar hari ini. Di akhir kegiatan saya akan
berikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi hari ini, yaitu dengan
menganalisis puisi buatan teman yang tadi telah ditukar. Akhir kegiatan
pembelajaran saya tutup dengan mengucap Alhamdulillah, salam dan senyuman.
Dari skenario tersebut dapat saya
sampaikan bahwa saya menggunakan pendekatan saintifik, metode Problem Solving,
teknik inguiry, dan model CPS (Creative Problem Solving).
Komentar
Posting Komentar