Langsung ke konten utama

Skenario Pembelajaran Dalam Kelas



Skenario Pembelajaran Dalam Kelas

Oleh : Winda Rahmawati (16410012)
Kelas : 4A PBSI

            Dalam skenario pembelajaran dalam  kelas ini saya akan menyampaikan materi pelajaran tentang puisi yang akan saya sampaikan pada siswa tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Kelas VIII Semester 2 dengan alokasi waktu 2 x 40 menit.
Yang akan saya lakukan apabila nanti saya menjadi seorang guru adalah saya akan mempersiapkan skenario pembelajaran jauh-jauh hari sebelum saya mulai menerapkannya dalam kelas. Saya akan memilih dan menentukan metode,teknik, dan model pembelajaran yang akan saya terapkan di dalam kelas.
            Malam hari, sebelum saya mengajar dan menarapkan skenario pembelajaran di dalam kelas, saya akan mempelajari materi pelajaran yang akan saya sampaikan agar saya bisa menguasai materi yang saya sampaikan nantinya.
            Keesokan harinya, saya akan mulai langkah saya dengan membaca bismillah ketika hendak menuju tempat saya mengajar agar segala yang saya kerjakandapat menjadi berkah dan diridai Allah SWT. Ketika mulai masuk ke dalam kelas, saya akan tersenyum di hadapan  anak-anak didik saya dan mengucapkan salam kepada mereka. Saya harap dengan tersenyum dapat member energy positif bagi anak-anak didik saya ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
            Tahap selanjutnya adalah berdoa untuk mengawali kegiatan belajar mengajar, saya akan meminta ketua kelas untuk memimpin doa. Kemudian saya akan menanyakan kabar anak-anak didik saya dan berlanjut untuk mempresensi kehadiran mereka. Setelah itu, saya akan menanyakan kejadian-kejadian yang sedan marak dibicarakan selama satu minggu terakhir dan mengulas sedikit tentang materi pelajaran yang sampaikan minggu lalu sebelum saya menyampaikan materi yang akan saya sampaikan hari ini sebagai bentuk apersepsi.
            Selanjutnya, saya akan menyampaiakan materi yang akan mereka pelajari dan menyampaikan tujuan dari pembelajaran hari ini. Setelah itu, saya akan putarkan sebuah video pembacaan puisi dan meminta mereka untuk mengamati dan menyimak dengan seksama, setelah video diputar saya akan menanyakan kepada mereka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan video yang saya putarkan baru saja, misalnya saja dengan menanyakan apa yang baru saja disimak atau diputar dari video tersebut, apa tema dari puisi yang dibacakan dalam video tersebut, apa saja unsure-unsur pembangun puisi, dan lain sebagainya. Setelah saya tanyakan hal-hal tersebut, maka siswa akan mencari tahu dan menjawab pertanyaan saya. Kemudian saya akan memberi kesempatan bagi siswa saya untuk menuliskan jawaban mereka di papan tulis. Tahap selanjutnya adalah dari apa yang telah mereka jawab, saya akan mengoreksi dan member penjelasan. Kemudian, saya akan member penugasan bagi siswa-siswa saya untuk membuat sebuah puisi.
            Dalam penugasan yang saya berikan, saya akan meminta siswa-siswa saja untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Saya pun bersama siswa-siswa saya menuju halaman ataupun taman sekolah. Saya mengarahkan siswa-siswa saya untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya dan menjadikan hasil pengamatan mereka menjadi sebuah puisi. Dalam kegiatan pembelajaran, saya akan mengamati dan menilai proses yang mereka kerjakan mulai dari sikap hingga hasil akhirnya. Dalam proses penugasan tersebut, tentunya saya akan mendampingi siswa-siswa saya agar tidak tercipta suasana gaduh, selain itu saya juga akan menanyakan dan membantu kesulitan yang mereka alami selama penugasan. Di akhir penugasan, saya akan meminta siswa-siswa saya untuk saling menukarkan hasil karyanya, Kemudian saya akan meminta beberapa di antara mereka untuk membacakan puisis tersebut. Karena saya tahu bila saya meminta siswa saya membacakan puisi karya mereka sendiri, mereka tidak akan percaya diri dan tidak akan ada yang berani membacakan. Untuk itu, saya minta mereka untuk bertukar.
            Setelah itu, sampailah pada akhir kegiatan, di akhir kegiatan belajar mengajar, saya akan kembali menanyakan kesulitan yang mereka alami ketika penugasan dan hal-hal apa saja yang belum mereka pahami terkait dengan materi hari ini. Setelah itu, saya bersama siswa-siswa saya akan mengulas kembali materi yang tadi telah saya sampaikan sebagai bentuk refleksi hasil belajar hari ini. Di akhir kegiatan saya akan berikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi hari ini, yaitu dengan menganalisis puisi buatan teman yang tadi telah ditukar. Akhir kegiatan pembelajaran saya tutup dengan mengucap Alhamdulillah, salam dan senyuman.
            Dari skenario tersebut dapat saya sampaikan bahwa saya menggunakan pendekatan saintifik, metode Problem Solving, teknik inguiry, dan model CPS (Creative Problem Solving).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan

Bagi kalian yang butuh referensi bagaimana menyusun sebuah laporan kegiatan, ini adalah salah satu referensi kedua saya, setelah sebelumnya saya sempat mengunggah contoh laporan kegiatan. Laporan kegiatan yang saya unggah ini berkaitan dengan dilaksanakannya Kuliah Kerja Lapangan di Pulau Dewata Bali pada April, 2018. Semoga apa yang saya unggah dapat bermanfaat. LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN BALI, 4 - 8APRIL 2018 KELOMPOK 9 KELAS 4 A WINDA RAHMAWATI        16410012 SOFI LAILATU ROHMAH 16410017 SELMA EKA NOVITA         16410022 YHOGA PRATAMA            16410025 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2018    LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN BALI, 4 - 8APRIL 2018 Disusun dan diajukan oleh KELOMPOK 9 KELAS 4 A WINDA...

Contoh Laporan Kegiatan

     Dalam lingkup sekolah, kuliah, ataupun dunia kerja, apa lagi dalam sebuah instansi tentunya anda pasti akan menemui dan mengikuti berbagai macam acara kegiatan yang bersifat formal. Salah satunya adalah sebuah acara seminar. Dan tak jarang pula anda harus dibebani untuk membuat sebuah laporan kegiatan yang rinci dan benar. Hal tersebut tentunya tak akan mudah bagi anda yang sebelumnya belum pernah membuat sebuah laporan kegiatan, mungkin anda akan merasa bingung dari mana anda harus mulai menyusun laporan anda, sedangkan date line waktu terus saja mengejar anda hingga menuju batas asa anda. Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi kembali dengan anda mengenai bagaimana cara membuat laporan kegiatan beserta contoh yang akan saya berikan sewaktu saya mengikuti sebuah acara bertemakan "Bulan Bahasa".        Biasanya di dalam laporan kegiatan ada beberapa bab yang berisi judul, pembukaan dan penjelasan inti dari acara yan...

KELAHIRAN SASTRA INDONESIA

KELAHIRAN SASTRA INDONESIA Dalam dunia sastra, selama ini kita hanya mengetahui dan menikmati beberapa karya sastra dan satrawan-sastrawan yang popular dan sering kali kita dengar atau kita temukan pada pelajaran bahasa Indonesia di masa-masa berada di bangku sekolah dahulu. Contohnya saja nama-nama sastrawan popular seperti Chairil Anwar, WS. Rendra, Pramodya Ananta Thoer, Sapardi Djoko Damono, dll. Namun pernahkah terpikir di dalam benak kita sebuah pertanyaan mengenai kapan sebuah sastra terlahir? Lebih tepatnya lagi, kapankah kesusasastra Indonesia terlahir? Sebagai seseorang yang tertarik di bidang sastra ataupun sebagai seorang penikmat sastra atau bahkan sebagai seorang yang mendidikasihkan hidupnya di bidang sastra dan pendidikan bahasa dan sastra, hendaknya kita lebih bisa mengkritisi masalah-masalah kecil dan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang bisa saja timbul seperti ini dengan berpikir logis. Untuk itu mari kita cari tahu bagaiman dan kapan sastra Indonesia...