Skenario
Pembelajaran Teks Deskripsi
Oleh: Winda Rahmawati (16410012)
Dalam
skenario pembelajaran dalam kelas ini saya akan menyampaikan materi pelajaran tentang Teks Deskripsi yang akan saya
sampaikan pada siswa tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Kelas
VII Semester 1 dengan alokasi waktu 2 x 40 menit.
Yang
akan saya lakukan apabila nanti saya menjadi seorang guru adalah saya akan
mempersiapkan skenario pembelajaran jauh-jauh hari sebelum saya mulai
menerapkannya dalam kelas. Saya akan memilih dan menentukan metode, teknik, dan
model pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas.
Malam hari, sebelum mengajar dan
menarapkan skenario pembelajaran di dalam kelas, saya akan mempelajari materi
pelajaran yang akan saya sampaikan agar saya bisa menguasai materi yang saya
sampaikan nantinya.
Keesokan harinya, saya akan mulai
langkah saya dengan membaca bismillah ketika hendak menuju tempat kami mengajar
agar segala yang saya kerjakan dapat menjadi berkah dan diridai Allah SWT.
Ketika mulai masuk ke dalam kelas, saya akan tersenyum di hadapan anak-anak didik dan mengucapkan salam kepada
mereka. Saya harap dengan tersenyum dapat memberi energy positif bagi anak-anak didik saya ketika melaksanakan kegiatan
belajar.
Tahap selanjutnya adalah berdoa
untuk mengawali kegiatan belajar mengajar, saya akan meminta ketua kelas untuk
memimpin doa. Kemudian saya akan menanyakan kabar anak-anak didik saya dan
berlanjut untuk mempresensi kehadiran mereka. Setelah itu, saya akan meminta
seluruh siswa yang hadir di dalam kelas untuk bertepuk tangan sebagai bentuk
apresiasi dan motivasi atas kehadiran mereka di hari tersebut.
Berikutnya, untuk mengawali kegiatan
pembelajaran saya akan memanfaatkan media yang ada dengan menampilkan sebuah
gambar. Setelah itu, saya akan langsung
bertanya kepada anak didik saya menganai apa yang mereka pikirkan setelah
melihat gambar tersebut dan mempersilakan mereka untuk mengacungkan tangan dan
menjawab sesuai dengan pendapat atau pikiran mereka masing-masing. Kemudian, saya akan menampilkan kembali sebuah gambar dan kembali bertanya kepada mereka:
“Lalu bagaimana dengan gambar yang satu ini?” Dan memberi kesempatan bagi siswa
yang belum menjawab untuk menjawab. Setelah itu saya akan bertanya kepada
peserta didik mengenai apa yang akan dipelajari hari ini setelah tadi melihat
gambar yang kami tampilkan dan menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Jika
ada siswa yang menjawab dengan benar, bentuk apresiasi yang diberikan adalah
tepuk tangan dari teman-teman sekelas. Namun jika tidak ada yang menjawab
dengan tepat, maka saya akan memberi tahu bahwa pada hari ini kita akan
mempelajari teks deskriptif.
Dalam proses pembelajaran tersebut, saya akan membagi siswa ke dalam kelompok kecil dan saya akan memberi tugas
kepada mereka mengenai pengertian dari teks deskriptif berdasarkan apa yang
sudah mereka lakukan baru saja setelah melihat gambar yang kami tayangkan dan
mampu menjawab pertanyaan saya mengenai apa yang mereka lihat dan pikirkan saat
melihat gambar tersebut. Setelah itu,saya akan meminta perwakilan dari setiap
kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya mengenai pengertian teks
deskriptif. Seusai seluruh kelompok menyampaikan hasil diskusinya, saya sebagai
guru akan menyimpulkan dan memberi tahu pengertian teks deskriftif. Setelah
mengetahui pengertian dari teks deskriptif, saya akan menghubungkannya dengan
pertanyaan selanjutnya, yaitu mengenai apa tujuan dari teks deskriptif dan
meminta setiap kelompok untuk mendiskusikannya kembali, lalu menyampaikan hasil
diskusi. Setelah itu, saya sebagai guru kembali menyimpulkan kebenarannya. Tak
berhenti di situ, peserta didik akan saya beri penjelasan mengenai struktur
teks deskriptif.
Setelah
mengetahui pengertian, tujuan, dan struktur teks deskriptif. Saya akan meminta
siswa untuk membuat sebuah teks deskriftif secara individu dengan
mendeskripsikan rumah tempat tinggal mereka. Setelah mereka selesai membuat
teks deskripsi tersebut, saya akan menukar hasil deskripsi mereka dengan
menggeser teks mereka ke teman sampingnya sebanyak beberapa kali. Kemudian, saya akan meminta beberapa di antara mereka untuk membacakan teks deskriptif
yang telah mereka terima.
Setelah
itu, sampailah pada akhir kegiatan, di akhir kegiatan belajar mengajar, saya
akan kembali menanyakan kesulitan yang mereka alami ketika penugasan dan
hal-hal apa saja yang belum mereka pahami terkait dengan materi hari ini.
Setelah itu, saya bersama siswa-siswa saya akan mengulas kembali materi yang
tadi telah saya sampaikan sebagai bentuk refleksi hasil belajar hari ini. Di
akhir kegiatan saya akan berikan tugas rumah yang berkaitan dengan materi hari
ini, yaitu dengan menggambar sebuah rumah berdasarkan teks deskriptif yang
sudah mereka terima dari teman mereka. Tugas tersebut akan dikumpulkan beserta
teks deskripsi yang mereka terima pada pertemuan berikutnya. Akhir kegiatan
pembelajaran saya tutup dengan mengucap Alhamdulillah, salam dan senyuman.
Dari skenario tersebut dapat saya
sampaikan bahwa saya menggunakan pendekatan saintifik, metode kooperatif
learning, Problem Based Introduction, teknik diskusi, kelompok, dan model CPS
(Creative Problem Solving).
Komentar
Posting Komentar