Skenario
Pembelajaran dalam Kelas
Oleh
: Winda Rahmawati (16410012)
Kelas
: 4A PBSI
Dalam skenario pembelajaran ini saya
akan menyampaikan materi pelajaran tentang puisi yang akan disampaikan untuk siswa
tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama, Kelas VIII Semester 2
dengan alokasi waktu 2 x 40 menit.
Persiapan
Yang
akan saya lakukan apabila nanti menjadi seorang guru adalah mempersiapkan
skenario pembelajaran jauh-jauh hari sebelum mulai menerapkannya di dalam
kelas. Memilih dan menentukan metode, teknik, dan model yang akan digunakan,
dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Saya akan menggunakan KD:
4.8
Menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara
tulis/lisan
dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi.
Malam hari, sebelum saya mengajar
dan menarapkan skenario pembelajaran di dalam kelas, saya akan mempelajari
materi pelajaran yang akan disampaikan agar bisa menguasai materi tersebut.
Karena seorang guru harus mampu menguasai materi yang diajarkannya. Materi yang
saya pelajari dan terapkan diambil dari beberapa sumber yang diantaranya adalah
Buku Siswa Kelas VIII Semester 1 KUikulum 2013 Edisi Revisi 2017, Sebuah buku
berjudul AKU karya Sjuman Djaya, dan sebuah video dokumen pribadi berisikan
lagu bereta lirik dan puisi.
Keesokan harinya, saya akan memerhatikan
penampilan dan apa yang saya kenakan agar terlihat rapi dan menarik supaya
dapat menjadi panutan bagi peserta didik saya dalam berpenampilan, kemudian memulai
langkah dengan membaca bismillah ketika hendak menuju tempat mengajar agar
segala yang saya kerjakan dapat menjadi berkah dan diridai Allah SWT.
Kegiatan Mengajar di
Kelas
Ketika
mulai masuk ke dalam kelas, saya akan tersenyum di hadapan peserta didik dan mengucapkan salam kepada mereka. Saya
harap dengan tersenyum dapat memberi energi positif bagi anak-anak didik ketika
melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Tahap
selanjutnya adalah berdoa untuk mengawali kegiatan belajar mengajar, saya akan
meminta ketua kelas untuk memimpin doa. Kemudian saya akan menanyakan kabar peserta
didik dan berlanjut untuk mempresensi kehadiran mereka. Setelah itu, saya akan
menayangkan sebuah video sebagai media pembelajaran agar mereka tertarik dan
tidak bosan. Sebuah instruksi agar peserta didik memperhatikan dan menyimak
dengan seksama video tersebut saya sampaikan.
Berikut
ini adalah video yang akan saya tampilkan dalam pembelajaran:
(Dokumen pribadi, video lirik lagu
Sheila On 7 – Melompat Lebih Tniggi)
Video
yang saya tayangkan adalah sebuah video klip lagu yang disertai lirik. Setelah
selesai menayangkan video tersebut, saya akan memberikan beberapa pertanyaan
berkaitan dengan video tersebut dan materi pelajaran. Misalnya apa yang baru
saja dilihat dan didengar dari video tersebut? Unsur apa saja yang dapat
ditemui dari video tersebut? Jika dikaitkan dengan pelajaran bahasa Indonesia,
teks apa yang akan dipelajari dari video tersebut? Dan lain sebagainya. Sebisa
mungkin saya akan memancing pola pikir mereka untuk menemukan sendiri sesuatu yang dapat mereka pahami dari apa
yang saya tayangkan sampai mereka paham bahwa pada hari tersebut mereka akan
belajar tentang teks puisi.
Tak hanya sampai di situ, setelah
tahu bahwa mereka akan belajar tentang puisi, kegiatan inti pembelajaran saya lakukan
dengan hal yang sama, yaitu memancing pola pikir peserta didik dengan
menayangkan sebuah video baru yang berisi bait-bait puisi Chairil Anwar dengan
judul puisisnya yang sangat terkenal dan familiar, AKU.
(Dokumen
pribadi, video bait-bait puisi Aku-Chairil Anwar)
Setelah
melihat video kedua, saya akan memberi pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan
video tersebut. Misalnya pertanyaan tentang pengertian puisi dan unsur-unsur
pembangun sebuah puisi. Saya akam meminta mereka membuka buku pegangan siswa
yang mereka miliki, halaman 92 untuk membantu mereka menemukan jawaban. Kemudian
saya akan memberi kesempatan bagi siswa untuk menuliskan jawaban mereka di
papan tulis. Tentunya selain laptop, LCD, dan projector, media lain yang saya
gunakan adalah spidol dan papan tulis.
Berikut
ini adalah buku pegangan siswa yang saya gunakan sebegai referensi
pembelajaran:
Tahap
selanjutnya, dari apa yang telah mereka jawab, saya akan mengoreksi dan memberi
penjelasan. Kemudian, saya akan memberi penugasan bagi peserta didik untuk
membuat sebuah puisi.
Dalam penugasan tersebut, saya akan
meminta peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Saya
bersama peserta didik menuju halaman ataupun taman sekolah. Lalu mengarahkan peserta
didik untuk mengamati apa yang ada di sekitarnya dan menjadikan hasil
pengamatan mereka menjadi sebuah puisi. Dalam kegiatan pembelajaran, saya akan
mengamati dan menilai proses yang mereka kerjakan mulai dari sikap hingga hasil
akhirnya. Dalam proses penugasan tersebut, tentunya saya akan mendampingi peserta
didik agar tidak tercipta suasana gaduh, selain itu saya juga akan menanyakan
dan membantu kesulitan yang mereka alami selama penugasan.
Di
akhir penugasan, saya akan meminta peserta didik untuk saling menukarkan hasil
karyanya, Kemudian saya akan meminta beberapa di antara mereka untuk membacakan
puisi tersebut karena saya tahu bila peserta didik diminta membacakan puisi
karya mereka sendiri, mereka tidak akan percaya diri dan tidak akan ada yang
berani membacakan. Untuk itu, saya minta mereka untuk bertukar.
Cara
saya meminta mereka mempresentasikan adalah dengan menggunakan metode talking
stick. Saya akan membawa sebuah ranting kemudian menunjuk salah satu siswa
dengan memberikan ranting tersebut kepadanya, setelah siswa tersebut membacakan
puisi karya temannya, maka siswa tersebut berhak memilih teman lainnya untuk
membacakan hasil karya teman lainnya lagi dengan cara memberikan ranting yang
tadi diterimanya. Begitu seterusnya.
Kegiatan Akhir
Pembelajaran
Setelah
itu, sampailah pada akhir kegiatan, di akhir kegiatan belajar mengajar, saya
akan kembali menanyakan kesulitan yang mereka alami ketika penugasan dan
hal-hal apa saja yang belum mereka pahami terkait dengan materi hari ini. Apabila
mereka sudah paham dengan materi yang disampaikan, makas saya akan memberikan
sedikit kuis yang disampaikan secara lisan bagi mereka untuk benar-benar
mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan,
sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang mau dan mampu menjawab maka akan
saya beri tambahan nilai. Namun apabila masih terdapat siswa yang kurang atau
belum paham dengan materi pembelajaran yang disampaikan, maka saya bersama peserta
didik akan mengulas kembali materi yang tadi telah dipelajari bersama, sebagai
bentuk refleksi hasil belajar hari ini. Di akhir kegiatan, saya akan berikan
tugas rumah yang berkaitan dengan materi hari ini, yaitu dengan menganalisis
puisi buatan teman yang tadi telah ditukar. Akhir kegiatan pembelajaran saya
tutup dengan mengucap Alhamdulillah, salam dan senyuman.
Simpulan
Dari skenario tersebut dapat saya
sampaikan bahwa saya menggunakan pendekatan saintifik, metode Problem Solving
dan talking stick, teknik inquiry, dan model Discovery Learning.
Lampiran
Dokumen pribadi.2018.Video Lirik
Lagu Sheila On 7–Melompat Leih Tinggi. Semarang.
Dokumen pribadi.2018.Video Bait
Puisi Chairil Anwar –Aku .Semarang .
Djaya,
Sjuman.2016.AKU.Jakarta:Gramedia.
Kosasih,
Engkos. Revisi
2017. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK
kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Komentar
Posting Komentar